60 Persen PPS di Kota Tasik Didominasi Wajah Lama

60 Persen PPS di Kota Tasik Didominasi Wajah Lama

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Ketua KPU Kota Tasikmalaya Dr Ade Zaenul Muttaqin M.Ag melantik 207 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 69 kelurahan di Kota Tasik. Dengan terbentuknya PPS, maka struktur untuk penyelanggaraan pemilu sudah lengkap.

"Setelah terpilih dan dilantik, para anggota PPS harus langsung bekerja menjalankan tahapan pelaksanaan Pemilu di kelurahan masing masing," kata Ade, usai melantik 207 PPS, disalah satu hotel di Kota Tasik, Selasa 24 Januari 2023.

Pihaknya mengingatkan agar PPS bekerja sesuai Undang-undang, bangun tim yang kompak dan solid, lakukan koordinasi dengan baik bersama eksternal dan internal baik vertikal ataupun horisontal dengan stakeholder yang ada di kelurahan masing-masing.

Ia menyebut, 60 persen PPS yang terpilih merupakan wajah lama, sebab pengalaman jadi hal cukup penting dalam mengawal jalannya pelaksanaan pemilu 2024 yang tingkat kompleksitasnya di prediksi tidak jauh berbeda dengan penyelenggaraan pemilu sebelumnya. Sebagai bentuk regenerasi, 40 persennya dari kalangan milenial terutama yang melek teknologi digital.

"Kita perlu PPS yang melek digital, untuk kepentingan pemutakhiran data pemilih yang nantinya akan dibantu oleh Pantarlih (Panitia Pendaftaran Pemilih) dan KPPS," ujar Ade.