Alternatif Olahan Pangan, Prodi Gizi Unsil Latih Warga Bikin Sosis dari Ikan

Sebanyak 50 orang kaum ibu dari dua KWT tersebut nampak antusias mengikuti kegiatan pelatihan pengolahan sosis berbahan dasar ikan.

Alternatif Olahan Pangan, Prodi Gizi Unsil Latih Warga Bikin Sosis dari Ikan

KOTA TASIK INILAHTASIK.COM | Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Negeri Siliwangi memberikan edukasi cara pengolahan makanan berbahan dasar ikan bagi Kelompok Wanita Tani (KWT) Zahra dan KWT Intra Kelurahan Parakanyasag Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya, Jum'at 30 September 2022.

Sebanyak 50 orang kaum ibu dari dua KWT tersebut nampak antusias mengikuti kegiatan pelatihan pengolahan sosis berbahan dasar ikan yang dipraktikan oleh Mahasiswa Prodi Gizi Unsil, di dampingi Dosen Prodi Gizi.

Ketua Pengabdian Masyarakat Prodi Gizi Universitas Siliwangi, Andi Eka Yunianto MSi melalui Doses Gizi Fikes Unsil, Iseu Siti Aisyah SP MKes menuturkan, di wilayah Parakanyasag ini banyak terdapat kolam ikan. Melihat potensi tersebut, kami berikan pelatihan pengolahan makan berbahan dasar ikan menjadi sosis.

Menurutnya, saat ini anak anak cenderung tidak mau makan ikan, padahal ikan itu sumber protein, dapat mencegah stunting dan malnutrisi. Nah! Dengan diolah menjadi sosis, mudah mudahan anak tertarik dan lebih suka untuk makan ikan.

"Nanti kita langsung praktikan cara membuat sosis berbahan dasar ikan," ujar Iseu, di dampingi anggota pengabdian masyarakat lainnya, Neni SST MKes, saat ditemui di lokasi Sekretariat KWT Zahra, Jum'at 30 September 2022.

Karena ini Skemanya ketahanan pangan, lanjut Iseu, dengan pelatihan ini supaya masyarakat memiliki alternatif bahan pangan selain ikan tersebut di goreng. Kalau dibuat sosis, daya simpannya kan cukup lama, bisa satu minggu, dimauskan ke freezer atau kulkas. 

Selain itu, kata Iseu, ini bisa menjadi alternatif pengolahan potensi kelurahan, mengingat disini banyak terdapat kolam ikan. Jadi nantinya, selain bisa untuk konsumsi sendiri, masyarakat juga bisa menjual sosis ikan hasil olahannya.

"Karena kami basicnya dari prodi gizi, kami ingin menghadirkan produk bahan pangan yang bergizi untuk anak," ucap Iseu.

"Supaya masyarakat tidak lupa bagaimana cara membuat sosis dari ikan, kami juga bagikan buku panduan tentang cara dan resep mengolah sosis ikan," pungkasnya.