Atasi Bau Pekat Sampah, Bapak Ini Temukan Formula Baru

Atasi Bau Pekat Sampah, Bapak Ini Temukan Formula Baru

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Upaya untuk menekan membludaknya sampah di Kota Tasikmalaya sudah dilakukan berbagai pihak, bahkan pihak Pemkot Tasikmalaya sudah mengeluarkan kebijakan baru terkait sampah ini dengan melakukan kebersihan di setiap TPA liar dan akan melakukan tindakan tegas kepada oknum masyarakat yang membuang sampah di sembaranagn tempat.

Senada dengan program pemerintah ini, salah seorang tokoh masyarakat Kota Tasikmalaya Nanang Nurzamil menemukan sebuah formula baru untuk menghilangkan bau menyengat dari tumpukan sampah ini.

Sebagai awal percobaannya, dirinya bersama para rekannya yang lain yang tergabung dalam Forum Transportasi Masal (Fortal) membuat testimoni dengan mengucurkan formula cairan ini di sebuah TPS di komplek pergudangan dan pertokoan di bilangan Maysari Plaza pada Ahad 30 Januari 2023.

"Selain menghilangkan bau busuk, Bio Formula Organik Tasikmalaya ( Bio FORTAL) akan membusukan sampah selama 4 hari dan menjadi pupuk organik yang potensil menyuburkan tanaman, Insya Allah, saya yakin ini bisa bermanfaat untuk para petani di Kota Tasikmalaya " ujar Nanang.

Ditambahkan Nanang bahwa menangani sampah tidak cukup dengan membentuk satgas, tapi yang paling utama adalah bagaimana cara mengolah sampah, supaya bermanfaat bagi masyarakat.

Formula cair yang mereka buat ini menurut nanang sangatlah ampuh dalam menghilangkan bau sampah, tentu saja ini juga melalui sebuah alur produksi dari anak bangsa putra daerah Tasikmalaya.

"Kembali kepada sikap pemerintah dan DPRD kota Tasikmalaya, mau atau tidak menggunakan Bio Fortal tersebut ? itu saja sih," pungkas Nanang. (DZM)