Buruknya Infrastruktur Jadi Penyebab Kota Tasik Langganan Banjir

Curah hujan juga mengakibatkan longsor beberapa titik di Kota Tasikmalaya.

Buruknya Infrastruktur Jadi Penyebab Kota Tasik Langganan Banjir
Heru Muchtar

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Belakangan ini, Kota Tasikmalaya diguyur hujan hingga mengakibatkan banjir di beberapa titik. Banjir tersebut bermula dari meluapnya sungai Citanduy dan Cimulu yang tidak mampu menampung akibat tingginya volume air. Akibatnya dari luapan tersebut, air membanjiri pemukiman warga di beberapa wilayah di Kota Tasikmalaya.

Hujan deras juga mengakibatkan sejumlah ruas jalan tergenang air hingga sulit dilewati kendaraan. Salah satunya jalan KH. Zaenal Mustafa depan Mal Asia Plaza, jalan Cibaregbeg, jalan Sutisna Senjaya.

Curah hujan juga mengakibatkan longsor beberapa titik di Kota Tasikmalaya. Walaupun tidak ada korban jiwa, tapi banjir dan longsor ini dapat mengakibatkan kerugian materil dan non materil yang cukup besar.

Menyikapi hal itu, Pengurus Cabang PMII Kota Tasikmalaya, Heru Muchtar, mengatakan, selain meluapnya sungai Citanduy dan Cimulu, ada faktor lain yang menjadi penyebab banjir di Kota Tasikmalaya.

“Pertama, buruknya insfrastruktur yang dirancang oleh Pemerintah hingga tidak dapat berfungsi semestinya, seperti maraknya pembangunan gedung-gedung tinggi tanpa izin. Kemudian banyaknya mendirikan bangunan di daerah aliran sungai yang mengakibatkan terjadinya penyempitan irigasi, belum lagi problem sampah yang sering kerap memperhambat kelancaran saluran air,” ungkapnya, Rabu 14 September 2022.

Ia meneganskan bahwa hal itu harus disikapi dengan serius dan dipertanyakan tentang peran pemerintah saat ini.

“Maka kami meminta kepada pemerintah khususnya dinas-dinas terkait seperti Dinas PUTR, LH, BBWS, dan PSDA harus berkolaborasi dalam merancang solusi kongkret, dan upaya preventif banjir yang terjadi dikemudian hari, karena fenomena banjir ini sudah menjadi langganan setiap tahunya di Kota Tasikmalaya,” tandasnya.