Difia, Satu-satunya Atlet TD Tasik dari Tim Jabar Peraih Emas di POMNAS Sumbar

Di tahun ini ada dua petarung putri yang menjadi pahlawan bagi Kota dan Kab. Tasikmalaya dalam PORPROV di Bekasi (Amanah) dan POMNAS di Padang (Difia).

Difia, Satu-satunya Atlet TD Tasik dari Tim Jabar Peraih Emas di POMNAS Sumbar

KOTA PADANG, INILAHTASIK.COM | Pekan Olah Raga Mahasiswa Nasional (POMNAS) ke-XVII yang dibuka 17 November 2022, di Kota Padang, Sumatera Barat dengan jumlah 2.985 atlet dari 408 Perguruan Tinggi di Indonesia.  

Dalam ajang ini, Tim POMNAS Jabar berhasil meloloskan 6 nomor atau kelas pertandingan di babak final, salah satunya dari Tarung Derajat (TD) Difia Lufty Firdaus Satlat Unsil putri dari pelatih TD Kabupaten Tasikmalaya (Kang Herry).

Hari ini, Jumat 25 November 2022, digelar final antara Difia Lufty Firdaus (Tasik) vs Aulia Rahmita Sari asal (Kaltim) di nomor atau kelas 45.1-50 Kg, dan dimenangkang oleh Difia sekaligus salah satu atlet dari Jabar yang meraih medali emas.

Guru Haji Noves Narayana, SE,. MSi (Ki Ghanna) mengucapkan syukur sepenuh langit dan bumi kepada Allah SWT lantaran Difia Satlat UNSIL asal Kab. Tasik menjadi pahlawan Jawa Barat, dan merupakan satu-satunya peraih medali emas bagi Jabar untuk kelas nomor tarung bebas, sedangkan yang lainnya di seni gerak.

Untuk diketahui bahwa di tahun ini ada dua petarung putri yang menjadi pahlawan bagi Kota dan Kab. Tasikmalaya dalam PORPROV di Bekasi (Amanah) dan POMNAS di Padang (Difia).

Perjalanan Difia dari babak penyisihan melawan Ni Luh Putriku Rahayu (Bali) skors 2-1, Riris Wahyuni (Jawa Timur) skorw 3-0, Semi final bertarung dengan Putri Kusniawati (DKI Jakarta) skors 3-0 dan final dengan Aulia Rahmita Sari (Kalimantan Timur) skors 2-1.

"Ini sebuah anugrah yang diberikan oleh Allah SWT, dimana saat ini Tasikmalaya sedang mengalami paceklik medali. Alhamdulillah Allah meridhoi kepada TD, sehingga TD memberikan suatu penghormatan derajat bagi Kota dan Kab. Tasikmalaya dengan raihan emas di PORPROV dan POMNAS," imbuh Ki Guru Noves.

Ia pun berharap sekaligus berpesan raihan prestasi ini bisa dipertahankan juga ditingkatkan, karena tahun depan akan diadakan Pomnas di Kalimantan Selatan. (Awen)