Fikes Unsil Beri Penyuluhan Penanganan Stunting, Malnutrisi Jadi Bahasan Utama

Akibat dari malnutrisi bisa menyebabkan kemiskinan, pun sebaliknya kemiskinan bisa sebabkan malnutrisi.

Fikes Unsil Beri Penyuluhan Penanganan Stunting, Malnutrisi Jadi Bahasan Utama

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Negeri Siliwangi menggelar kegiatan pengabdian masyarakat dengan mengadakan penyuluhan dan edukasi gizi bagi Kader Posyandu dalam rangka mengatasi Malnutrisi dan Stunting pada Balita di wilayah kerja Puskesmas Sukalaksana.

Dosen Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Negeri Siliwangi, Iseu Siti Aisyah SP MKes menuturkan, bahwa akibat dari malnutrisi bisa menyebabkan kemiskinan, pun sebaliknya kemiskinan bisa sebabkan malnutrisi.

Menurutnya, ketika anak lahir dalam kondisi gizi buruk, saat remaja berpotensi mengalami berbagai kekurangan, termasuk bisa berpengaruh pada prestasi belajar. 

"Bicara asupan nutrisi yang baik bagi anak, ini sebenarnya merupakan investasi jangka panjang sehingga anak itu nanti bisa menjadi generasi yang berkualitas," ucap Iseu, usai memberikan penyuluhan penanganan stunting, di aula Puskesmas Sukalaksana, Kamis 29 September 2022.

Berkenaan dengan hal itu, kata Iseu, Fikes Unsil berkomitmen untuk terus memberikan pendampingan kepada masyarakat, kerjasama juga dengan pemerintah daerah, melalui program-program seperti KKN, PBL (Praktek Belajar Lapangan) dan lainnya.

Untuk di Kota Tasik sendiri, lebih ke dosennya yang melakukan pengabdian langsung kepada masyarakat, seperti hari ini yang kami laksanakan di Puskesmas Sukalaksana berupa penyuluhan tentang stunting dan lebih spesifik kaitan dengan gizi.