Jelang Pemilu 2024, Yayasan Galunggung Launching Lembaga Survei

Jelang Pemilu 2024, Yayasan Galunggung Launching Lembaga Survei

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Jelang Pemilu 2024, Yayasan Galunggung Tasikmalaya melaunching Galunggung Center For Research and Consultancy, sekaligus release hasil survey mereka, di aula Sekolah Tinggi Hukum Galunggung, Selasa 24 Januari 2023.

Turut hadir Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, unsur pengurus partai politik peserta pemilu, dan sejumlah tamu undangan lainnya. 

Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Maman Rohman Setiadi mengatakan, keberadaan lembaga ini diharap dapat membantu pemerintah dalam mensukseskan penyelenggaraan pemilu tahun 2024 mendatang. 

Menurutnya, jelang pemilu tahun 2024, banyak lembaga survei yang merilis hasil survei di pemilu tahun 2024, seperti tingkat popularitas dan elektabilitas partai politik, juga capres dan cawapres nya.

Seperti yang dirilis Galunggung Research and Consultancy berkenaan dengan hasil survei popularitas dan elektabilitas calon kepala daerah dan calon anggota Legislatif.

"Hasil survei ini dapat dijadikan acuan bagi partai politik peserta pemilu, maupun kandidat dalam menghadapi pemilu," ujar Maman.

Sementara itu, Direktur Galunggung Research and Consultancy Mia Wastuti S.Sos, M.Sc, M.Eng menuturkan jelang pemilu 2024 mendatang pihaknya mengadakan survei dengan sample 300 responden se Kota Tasikmalaya.

Dalam survei tersebut, pihaknya juga menanyakan kepada para responden siapa pilihan Calon Wali Kota Tasikmalaya dan juga pilihan Partai Politik. 

"Untuk nama-nama Bakal Calon Wali Kota itu kita lihat dari analisis sosiologis. Nama nama yang masuk kita saring, hasilnya ada tiga kandidat yang memperoleh polling banyak yakni Dede Muharam sebesar 25,53 persen, H Wahid sebesar 23 persen dan H Muslim sebesar 19,30 persen," paparnya.

Menurutnya, ini baru survei pendahuluan, otomatis akan ada survei lanjutan. Berikutnya kita akan lakukan survei lagi menggunakan dua data, berdasarkan sosiologis dan data legal formal dari KPU.