Khasiat dan Manfaat Daun Tempuyung Bagi Kesehatan

Daun tempuyung sudah biasa digunakan sebagai obat alami yang berkhasiat untuk berbagai masalah kesehatan.

Khasiat dan Manfaat Daun Tempuyung Bagi Kesehatan
Net

INILAHTASIK.COM | Daun tempuyung memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tanaman ini yang biasanya tumbuh liar di pekarangan hingga parit. Daun ini ternyata mengandung berbagai mineral yang berkhasiat bagi kesehatan.

Manfaat Daun Tempuyung untuk Kesehatan:

Daun tempuyung sudah biasa digunakan sebagai obat alami yang berkhasiat untuk berbagai masalah kesehatan. Ini berkat sejumlah kandungan nutrisi dan mineral di dalamnya. Berikut ini manfaat daun tempuyung dan cara pengolahannya:

Menurunkan kadar asam urat

Mereka yang memiliki asam urat mungkin akan merasakan nyeri di persendian karena kristal asam urat mengendap dalam pembuluh darah. Untuk membantu mengatasinya, gunakan daun tempuyung karena memiliki sifat yang dapat melarutkan kristal asam urat, sehingga mendorongnya keluar melalui urine. Mengonsumsi tempuyung dalam jangka waktu yang lama juga bisa membantu mencegah pembentukan enzim yang meningkatkan kadar asam urat.

Memecah batu ginjal

Manfaat daun tempuyung dapat membantu memecah batu ginjal, karena kandungan kalium yang tinggi di dalam tanaman herbal ini. Kalium bereaksi dengan menguraikan kalsium karbonat dan bercampur dengan zat lain yang terdapat di dalam batu ginjal. Hal ini menyebabkan batu ginjal mudah rusak dan larut oleh air seni.

Anti-peradangan

Daun tempuyung menjadi tanaman herbal terbaik untuk membantu meredakan peradangan seperti pada maag dan wasir (ambeien). Cara paling mudah untuk meredakan radang adalah dengan mengonsumsi air rebusan daun tempuyung. Jika ingin mengatasi wasir, tempelkan daun tempuyung yang telah ditumbuk ke dubur.

Mengobati memar atau luka terbakar

Khasiat daun tempuyung dapat membantu penyembuhan luka bakar, seperti luka akibat tersundut rokok atau arang. Anda bisa menerapkan daun tempuyung yang sudah ditumbuk ke bagian kulit yang terbakar. Memar akibat benturan benda tumpul atau jatuh juga efektif menggunakan tanaman herbal ini. Untuk mengobati memar, tumbuk daun sampai halus dan peras untuk mendapatkan airnya. Kemudian gunakan airnya sebagai kompres dan ampasnya untuk membalut bagian kulit yang memar.

Mencegah hipertensi

Manfaat daun tempuyung dapat membantu mengendalikan tekanan darah tinggi alias hipertensi. Kondisi ini dapat terjadi akibat beberapa penyebab, termasuk karena stres, faktor genetik, konsumsi garam yang tidak terkontrol, dan gaya hidup tidak sehat. Guna mendapatkan hasil yang lebih efektif, konsumsi daun tempuyung sebagai lauk selama tiga kali sehari.