Kodim Tasikmalaya Gelar Penguatan Bela Negara Bagi Pelajar

Dandim menyebut di era globalisasi saat ini para generasi muda harus bisa lebih waspada dan lebih peka terhadap berbagai ancaman-ancaman yang dinilai mampu memecah belah Persatuan dan Kesatuan bangsa.

Kodim Tasikmalaya Gelar Penguatan Bela Negara Bagi Pelajar
Giat Penguatan Bela Negara di SMK Bhakti Kencana oleh Kodim Tasikmalaya

SIBERITA.ID | Komandan Kodim 0612/Tasikmalaya, Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata S.I.P., memberikan materi bela negara kepada pelajar sebagai upaya menumbuhkan rasa cinta tanah air untuk generasi muda.

Giat ini terus dilakukan oleh Kodim 0612/Tasikmalaya di wilayah teritorialnya dengan menggelar kegiatan penguatan bela negara kepada generasi muda, tepatnya di SMK Bhakti Kencana, Jl.Ir H Juanda No 2. Kelurahan Panyingkiran, Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya pada Jumat 25 November 2022.

Kegiatan penguatan bela negara dibuka langsung oleh Dandim dengan diikuti para siswa pelajar dari SMK Bhakti Kencana Kota Tasikmalaya. Dalam arahannya Dandim menyampaikan, bela negara adalah sikap dan perilaku serta tindakan warga negara baik secara perorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan negara demi keselamatan bangsa yang dijiwai oleh kecintaan kepada NKRI.

“Bela negara bukan hanya menjadi tugas TNI dan Polri semata melainkan menjadi kewajiban bagi seluruh warga negara, perlu diingat bahwa generasi muda merupakan tulang punggung bangsa. Generasi muda sangat menentukan dalam membangun bangsa dan mengisi kemerdekaan,” jelasnya.

Dandim menambahkan, di era globalisasi saat ini para generasi muda harus bisa lebih waspada dan lebih peka terhadap berbagai ancaman-ancaman yang dinilai mampu memecah belah Persatuan dan Kesatuan bangsa.

Dandim berharap dengan adanya kegiatan ini para generasi muda harus punya filter yang baik agar tidak mudah terpengaruh dengan beragam informasi yang disebar untuk kepentingan pribadi atau golongan.

Kegiatan penguatan bela negara di isi dengan pemberian sosialisasi materi penanaman kembali nilai-nilai luhur Pancasila, semangat nasionalisme hingga patriotisme yang disampaikan oleh para Perwira Kodim 0612/Tasikmalaya.

Dalam Kegiatan ini tidak lupa mengedepankan Protokol kesehatan Dalam halnya para siswa sebelum masuk Aula diutamakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dan memakai masker.