Kompak Gotong Royong, Warga Desa Kubangsari Perbaiki Jalan

Perbaikan guna memperlancar aktifitas warga yang keseharianya berpetani agar merasa lebih nyaman.

Kompak Gotong Royong, Warga Desa Kubangsari Perbaiki Jalan

KAB. TASIK, INILAHTASIK.COM | Akses jalan di Kp. Pasir Belendung, Desa Kubangsari, Kecamatan Cikalong, KabupatenTtasikmalaya, diperbaiki dengan menggunakan Dana Desa (DD). Perbaikan berupa pengecoran tersebut disambut antusias warga yang juga turut membantu pengerjaan bersama pihak terkait.

Kepala Desa Kubangsari, Dahyan, S.Pdi., menerangkan program perbaikan jalan tersebut seluas kurang lebih 350 meter dengan jumlah anggaran dikisaran Rp. 111 juta.

Ia menyebutkan tujuan dari perbaikan guna memperlancar aktifitas warga yang keseharianya berpetani agar merasa lebih nyaman. Karena, menurutnya, hasil pertanian di wilyah Desa Kubangsari banyak dijadikan home industry seperti jenis makanan olahan, kerajinan dan lain-lain.

“Yang sudah berjalan saat ini makan olahan dan kerajinan Desa Kubangsari sering hadir mengisi acara pameran atau kegiatan lain, misal di beberapa tempat seperti Gebu saat ada acara, dan salah satu hasil kerajian tangan jenis topi laken yang dipakai oleh Bapak Bupati, H. Ade Sugianto,” ucapnya, Kamis 08 September 2022.

Kades yang sekaligus sebagai Ketua Apdesi Kecamatan Cikalong ini memaparkan selama ia menjabat telah melakukan perbaikan jalan di beberapa dusun di wilayahnya, termasuk saat ini yang sedang dilaksanakan pengecoran jalan di Kp. Pasir Belendung.

“Memang tak mudah, perlu pendekatan langsung dengan masyarakat dan memahami kultur lingkungan masyarakat itu sendiri, karena kemajuan suatu kampung atau desa tergantung dari  seberapa besar kemajuan SDM yang dibangun. Dengan kesadaran masyarakat akan tumbuh rasa gotong royong dan rasa memiliki karena bangunan insfrastruktur bukan untuk pemerintah mlainkan untuk masrakat,” tegasnya.

Pihaknya pun mengucapkan terima kasih ataskesadaran warganya serta tokoh masyarakat yang sudah mendukung turut membangun bersama. Ia berharap semua program yang dilaksanakan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat juga mewujudkan desa yang maju.

“Satu hal lagi yang diharapkan oleh Saya selaku Ketua Apdesi agar bupati dan semua pihak terkait bisa memperbaiki beberpa akses jalan di selatan, kususnya jalur ke arah Desa Kubangsari karena kondisinya masih rusak, serta di beberpa tempat lain agar dapat membantu meralisasikan perbaikan jalan-jalan tersebut,” tandasnya. (HE)