Kunjungi Korban Banjir, Yusuf Minta OPD Terkait Segera Turun ke Lapangan

Pihaknya sudah meminta Dinas Perwaskim untuk mendata rumah warga yang rusak akibat banjir dan agar segera dilakukan perbaikan. 

Kunjungi Korban Banjir, Yusuf Minta OPD Terkait Segera Turun ke Lapangan

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Wali Kota H Muhammad Yusuf mengunjungi korban banjir di Jalan Galunggung Tawang Kulon RT 01 RW 01 Kelurahan Tawangsari Kecamatan Tawang, Selasa 13 September 2022.

H Yusuf mengatakan, pihaknya ingin melihat secara langsung keadaan korban terdampak bencana banjir beberapa hari lalu. Setelah melihat kondisi di lapangan, kita berikan bantuan kepada korban banjir.

"Semoga bantuan ini dapat membantu meringankan beban para korban akibat bencana banjir," kata Yusuf, usai melakukan kunjungan ke korban banjir di Jalan Galunggung, Selasa 13 September 2022.

Yusuf menyebut akan menginstruksikan seluruh OPD terkait agar segera turun ke lapangan dengan menggunakan anggaran di masing-masing instansi, untuk melakukan penanganan bencana banjir yang melanda Kota Tasikmalaya pada hari Minggu 11 September 2022 lalu. 

"Memang ada prosedur yang harus ditempuh, tapi jangan terlalu lama. Dalam menangani persoalan banjir ini, semua OPD terkait saya minta untuk turun ke lapangan," ungkapnya.

"Kita sudah mengalokasikan anggaran dalam perubahan untuk Biaya Tak Terduga(BTT). Itu silakan digunakan asal ada pertanggungjawabannya," tambah Yusuf.

Pihaknya sudah meminta Dinas Perwaskim untuk mendata rumah warga yang rusak akibat banjir dan agar segera dilakukan perbaikan. 

"Anggaran disana sudah ada. Ini kan darurat. Segera manfaatkan dana yang ada untuk penanganan darurat," ucap Yusuf.

Kepada warga yang menjadi korban banjir,  lanjut Yusuf, agar tetap bersabar. Karena bencana alam seperti ini bukan keinginan kita semua. Tetap selalu waspada, mengingat dalam beberapa hari terakhir ini intensitas hujan yang turun cukup lebat. 

Ia juga meminta agat Dinas LH segera melakukan pembersihan. Karena salah satu pemicu banjir ini (luapan air sungai) dampak dari sampah yang dibuang sembarang ke sungai.

Kemudian, sungai tersebut juga terjadi pendangkalan, pihaknya minta agar BBWS segera melakukan pengerukan atau normalisasi sungai. 

"Sebagai bentuk antisipasi, warga yang memiliki rumah di bantaran sungai, agar bangunannya dinaikan ke atas, sehingga ada tempat untuk tinggal ketika banjir kembali terjadi," pungkasnya.