Mewujudkan Rumah Layak untuk Pak Eman Warga Dusun Panawangan

Rumah tempat mereka berteduh merupakan rumah yang sudah puluhan tahun ia tempati kondisinya cukup memprihatinkan dan sudah tidak layak untuk ditinggali.

Mewujudkan Rumah Layak untuk Pak Eman Warga Dusun Panawangan

KAB. CIAMIS INILAHTASIK.COM | Eman Surahman warga Dusun Panawangan RT 06 RW 04, Desa/Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis. Sehari-hari ia bekerja sebagai penjaga kantor pos setiap malam hari. Ia tinggal hanya berdua bersama dengan sang istri. 

Rumah tempat mereka berteduh merupakan rumah yang sudah puluhan tahun ia tempati kondisinya cukup memprihatinkan dan sudah tidak layak untuk ditinggali. 

Meski dihantui kekhawatiran rumah rubuh, Pak Eman dan istri tetap bersyukur, menggantungkan segalanya kepada sang pencipta, menjalankan kehidupan dengan penuh keikhlasan, kesabaran dan rasa syukur.

Pak Eman beserta istri tentu memiliki keinginan untuk merenovasi rumah. Tetapi saat ini ia masih harus memprioritaskan kebutuhan harian yang senantiasa mereka ikhtiarkan setiap harinya.

Melihat perjuangan pak Eman, Hidayah Berbagi Indonesia (HBI) yang didukung oleh berbagai elemen seperti pemerintahan, tokoh masyarakat dan lainnya, membangun kembali rumah Pak Eman supaya menjadi layak. 

Pembanguan ini disambut baik dan penuh haru oleh pak Eman bersama istrinya seraya mengucapkan terimakasih dan do'a.

 "Alhamdulullah, bapak hanya bisa menyampaikan beribu-ribu terimakasih dan do'a untuk semua yang sudah peduli untuk membantu rumah abah menjadi seperti saat ini. Abah tidak bisa membalasnya, seluruhnya diserahkan kepada yang Maha Suci," ungkap Eman sambil menahan haru saat serah terima hasil renovasi rumahnya, Kamis 22 September 2022.

Ia bercerita, saking merasa terharu dan bahagia, dirinya sempat pingsan saat rumahnya dirobohkan dalam proses pembangunan. 

"Abah mah sampai pingsan tidak ingat, gembira, terharu melihat rumah dirobohkan hendak di renovasi," ucapnya. 

"Saat ini rumahnya sudah bisa ditempati dengan nyaman dan aman. Pembangunan ini didukung oleh pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh ulama, serta elemen-elemen lain yang berkolaborasi dan turut gotong royong,"  seperti disampaikan, Otong Rohmatullah, Tim Program HBI.

 “Alhamdulillah pembangunan rumah layak untuk pak Eman sudah selesai, sudah diserahterimakan dan sudah ditempati. In Syaa Allah lebih aman dan nyaman dari sebelumnya," tambah Otong.

Ia menyebut, pembangunan ini terlaksana atas dukungan semua pihak, semoga ini menjadi amal jariyah untuk semua yang sudah ikut sama-sama mewujudkannya. Jazakumallahu Khairaan.

Program ini merupakan bagian dari program HBI Sejahtera, dimana program ini menjangkau masyarakat yang membutuhkan bantuan renovasi rumah layak dengan kriteria tertentu melalui proses assesment. 

Rumah pak Eman merupakan rumah ke 7 yang dibangun oleh HBI di Ciamis dan sekitarnya dari targetan 22 rumah setiap tahunnya. 

Selain itu HBI sebagai lembaga amal sosial kemanusiaan bergerak di berbagai program lainnya seperti bantuan sarana prasarana keagamaan, bantuan pangan untuk masyarakat prasejahtera, bantuan medis, santunan guru ngaji dan anak yatim paitu, respon bencana alam, renovasi rumah dan beasiswa pendidikan.