Pantau Aktivitas Anak di Sekolah, Disdik Kota Tasik Bakal Luncurkan Aplikasi

Pantau Aktivitas Anak di Sekolah, Disdik Kota Tasik Bakal Luncurkan Aplikasi

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Pantau aktivitas anak didik ketika di sekolah, Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya berencana luncurkan aplikasi. Pihak Disdik belum bisa merinci secara detail model aplikasi dimaksud, pasalnya masih dalam tahap proses pembuatan.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, Hj Eli Suminar menuturkan, saat ini pihaknya tengah membuat satu aplikasi bahwa peran serta orang tua sangat penting dalam memantau aktivitas belajar anak di sekolah. 

"Nanti kalau aplikasi ini sudah jadi, para orang tua dapat memantau aktivitas anaknya melalui aplikasi tersebut. Mulai dari tingkat kehadiran anak, pelanggaran yang dilakukan, perkembangan pembelajaran anak dan lainnya, semuanya akan terpantau lewat aplikasi," terang Eli, saat ditemui usai menghadiri rapat kerja bersama Komisi IV DPRD, di ruang rapat I, Jumat 20 Januari 2023.

Saat ini belum bisa berbicara banyak karena masih dalam proses pembuatan. Pihaknya menargetkan aplikasi untuk memantau kegiatan anak di sekolah bisa rampung tahun ini.

"Untuk tahap pertama ini baru jenjang SMP dulu. Sedangkan untuk jenjang SD mungkin berikutnya. Berproses lah," ujar Eli.

Menurutnya, ide membuat aplikasi untuk memantau aktivitas belajar anak di sekolah baru dilakukan oleh Kota Tasik, daerah lain belum ada yang menerapkan model demikian.

Sementara itu, Sekretaris Komisi IV, Murjani SE MM mengatakan bahwa ada tiga aplikasi yang akan diluncurkan. Namun detail konsepnya seperti apa, pihaknya sedang minta ke Disdik untuk segera mengirimkan konsep aplikasinya. Tadi disebutkan ada aplikasi Avatar Go, Disdik Aplikasi, dan Aplikasi Laporan Individu.

"Yang terpenting itu harus ada inovasi, sehingga ada pembeda dari capaian porgram di tahun 2022 dan 2023. Jika aplikasi ini terealisasi, maka ini akan menjadi salah satu catatan prestasi Kota Tasik di bidang pendidikan," kata Murjani.