Kabupaten Tasikmalaya

Profil Kabupaten Tasikmalaya

kantor bupati tasikmalaya
Kantor bupati kabupaten Tasikmalaya

INILAHTASIKCOM – Kabupaten Tasikmalaya merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Terletak di Tenggara daerah Priangan. Kabupaten Tasikmalaya sejauh ini dinilai sebagai kabupaten paling besar dan berperan penting di wilayah Priangan Timur.

Sebagian besar wilayah Kabupaten ini merupakan daerah hijau, terutama pertanian dan kehutanan. Kabupaten Tasikmalaya terkenal akan produksi Kerajinannya,juga dikenal sebagai pusat keagamaan besar di Jawa Barat, yang memiliki lebih dari 800 pesantren tersebar di penjuru wilayah Kabupaten.

Secara geografis, Kabupaten Tasikmalaya terletak antara 7°02’29” – 7°49’08” Lintang Selatan dan 107°54’10” – 108°26’42” Bujur Timur. Secara administratif Kabupaten Tasikmalaya memiliki batas wilayah sebagai berikut, Sebelah Utara berbatasan dengan Kota Tasikmalaya, dan Kab. Ciamis, Sebelah Selatan berbatasan dengan Samudera Hindia, Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Garut dan sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Ciamis.

Kabupaten Tasikmalaya mempunyai luas wilayah sebesar 2.708,81 km2 atau 270.881 ha. Secara administratif terdiri dari 39 Kecamatan, 351 desa.Tiga kecamatan merupakan kecamatan yang mempunyai wilayah pesisir dan lautan yaitu Kecamatan Cikalong, Cipatujah dan Karangnunggal, dengan panjang garis pantai 56 km.

BERITA KABUPATEN TASIKMALAYA

PROFIL KECAMATAN KABUPATEN TASIKMALAYA

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.