Kota Tasikmalaya

Profile Kota Tasikmalaya

INILAHTASIKCOM – Berdirinya Kota Tasikmalaya sebagai daerah otonomi tidak lepas dari sejarah berdirinya kabupaten Tasikmalaya sebagai daerah induknya. Sebelumnya, kota ini merupakan Ibukota dari kabupaten Tasikmalaya, kemudian meningkat statusnya menjadi kota administratif tahun 1976, pada waktu A. Bunyamin menjabat sebagai Bupati Tasikmalaya, dan kemudian menjadi pemerintahan kota yang mandiri pada masa Pemerintahan bupati H. Suljana W.H.

Kota ini terletak pada 108° 08′ 38″ – 108° 24′ 02″ BT dan 7° 10′ – 7° 26′ 32″ LS di bagian Tenggara wilayah Provinsi Jawa Barat. Pada awal pembentukannya, wilayah kota Administratif Tasikmalaya meliputi 3 Kecamatan yaitu Cipedes, Cihideung dan Tawang dengan jumlah desa sebanyak 13 desa.

Seiring dengan waktu, sesuai Undang-Undang No. 10 Tahun 2001 bahwa wilayah Kota Tasikmalaya terdiri dari 8 Kecamatan dengan jumlah Kelurahan sebanyak 15 dan Desa sebanyak 54. Dan dalam , perjalanannya melalui Perda No. 30 Tahun 2003 tentang perubahan status Desa menjadi Kelurahan, desa-desa dilingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya berubah statusnya menjadi Kelurahan, oleh karena itu maka jumlah kelurahan menjadi sebanyak 69 kelurahan, sedangkan untuk kecamatan bertambah menjadi 10 kecamatan.

KELURAHAN di KOTA TASIKMALAYA

BERITA KOTA TASIKMALAYA

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.