Penyebab Munculnya Anak yang Mengalami Kebutuhan Khusus

Penyebab Munculnya Anak yang Mengalami Kebutuhan Khusus
Ilustrasi

OPINI, INILAHTASIK.COM | Istilah Anak Luar Biasa sudah tercantum pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Istilah tersebut merujuk pada anak luar biasa yang memiliki kelebihan maupun kekurangan pada dirinya.

Anak Luar Biasa ini tidak hanya terpacu pada anak yang memiliki kekurangan saja, tetapi juga anak yang memiliki kelebihan dibatas normal.

Anak Luar Biasa atau Anak Berkebutuhan Khusus ini dapat dimaknai sebagai anak yang memiliki keterbatasan dalam kondisi fisik, emosional, sosial, dan/atau memiliki kecerdasan atau bakat istimewa memerlukan bantuan khusus dalam pembelajaran.

Terdapat beberapa penyebab anak memiliki kebutuhan khusus, penyebab ini dapat dibagi menjadi 2 berdasarkan waktu terjadinya dan penyebab berdasarkan gen pembawa kelainan. Penyebab berdasarkan waktu terjadinya dapat dibagi menjadi 3 yaitu:

1. Penyebab Prenatal, yaitu penyebab yang disebabkan sebelum kelahiran atau pada masa kehamilan. Hal ini dapat disebabkan oleh virus rubella, mengalami trauma atau salah minum obat yang dapat berakibat pada munculnya kelainan pada janin. Maka sudah seharusnya seorang ibu berhati-hati selama kehamilan.

2. Penyebab Perinatal, yaitu penyebab yang muncul pada saat proses kelahiran seperti terjadinya benturan atau infeksi ketika melahirkan, proses kelahiran dengan penyedotan (vacuum), pemberian oksigen yang terlampau lama bagi anak yang lahir premature.

3. Penyebab Postnatal, yaitu penyebab yang muncul setelah kelahiran, misalnya kecelakaan, jatuh, atau terkena penyakit tertentu.

Sedangkan penyebab munculnya kebutuhan khusus berdasarkan gen pembawa kelainan antara lain disebabkan oleh gen bawaan (kelainan karena keturunan), virus, infeksi, trauma, penyakit tertentu, pengaruh lingkungan, kekurangan gizi dan kecelakaan.

Trie Nour Azizah

Mahasiswa UPI Semester 7 Jurusan PG-PAUD