Peringati Hari Pohon Sedunia, DPP LPLHI Tasik Tanam Pohon di Eks Galian C

Pihaknya sengaja mengundang unsur Pemerintah Kota Tasikmalaya, terutama Pj Wali Kota yang memiliki kepedulian dan atensi yang baik terhadap lingkungan hidup.

Peringati Hari Pohon Sedunia, DPP LPLHI Tasik Tanam Pohon di Eks Galian C

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Peringati hari pohon sedunia, Dewan Pengurus Pusat Lembaga Penyelamat Lingkungan Hidup Indonesia (DPP LPLHI) melakukan aksi penanaman pohon di area perbukitan eks galian c milik Pemkot Tasikmalaya di Kecamatan Bungursari, Rabu 23 November 2022.

"Ini merupakan launching, rencananya kita akan melakukan aksi penamaman pohon diseluruh Indonesia dalam rangka memperingati hari pohon sedunia," kata Dede Sukmajaya, Sekretaris Jendral DPP LPLHI, ditemui di lokasi usai kegiatan, Rabu 23 November 2022.

Pihaknya sengaja mengundang unsur Pemerintah Kota Tasikmalaya, terutama Pj Wali Kota yang memiliki kepedulian dan atensi yang baik terhadap lingkungan hidup.

"Ini bagian dari upaya kita, sebagai bentuk kepedulian LPLHI terhadap lingkungan dan alam," ucapnya.

Selain aksi penanaman pohon, pihaknya juga melakukan kegiatan investigasi berkenaan dengan kerusakan lingkungan. Hasil dari investigasi tersebut akan menjadi sebuah rekomendasi laporan kepada pemerintah supaya mendapat perhatian, baik dari pemda maupun pusat dalam hal pencemaran atau kerusakan lingkungan hidup.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya, H Deni Diyana MSi menyampaikan support dan apresiasi kepada LPLHI yang telah menginsiasi kegiatan penenaman pohon ini. Semoga kegiatan ini menjadi awal yang baik, dan bisa dilaksanakan lagi penanaman pohon dibeberapa titik lainnya.

"Khusus di kawasan Bungursari dan Tamansari, kita ketahui bersama bahwa banyak lahan yang harus direklamasi pasca penambangan. Jangan sampai lingkungan tersebut dibiarkan terbengkalai, tidak ada yang merawat dan memeliharanya," kata Deni.

Untuk itu, lanjutnya, diharapkan kepada seluruh elemen masyarakat untuk turut serta menjaganya, salah satunya dengan cara menanam pohon. 

Deni menambahkan bahwa saat ini pihaknya tengah menyiapkan bibit pohon, baik itu pohon buah atau pun pohon menahun. Bagi masyarakat atau pun elemen masyarakat yang memerlukan bibit tanaman silahkan datang dan sampaikan permohonan kepada kami (Dinas LH).

"In Syaa Alloh kami akan menyiapkan bibit pohon sesuai dengan stok yang ada. Seperti beberapa waktu lalu dari kelompok mahasiswa mengajukan permintaan bibit, dan kemudian kita melakukan penanaman pohon bersama di wilayah Tamansari," jelasnya.