Pesta Rakyat Simpedes 2022: Perkuat Digitalisasi Finansial UMKM di Tasikmalaya

BRI terus berkomitmen untuk mendukung UMKM dan mendorong digitalisasi keuangan melalui program Pesta Rakyat Simpedes ini.

Pesta Rakyat Simpedes 2022: Perkuat Digitalisasi Finansial UMKM di Tasikmalaya

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Pesta Rakyat Simpedes BRI 2022 di Tasikmalaya resmi dibuka hari ini tanggal 26 hingga 28 Agustus 2022, di Lapangan Dadaha, Kota Tasikmalaya.

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan edukasi kepada masyarakat, dan mendukung pemberdayaan UMKM ini mengusung tema “Pede Memimpin Perubahan” yang meliputi Pede Bekerja, Pede Berbisnis, Pede Mengelola Keuangan.

BRI terus berkomitmen untuk mendukung UMKM dan mendorong digitalisasi keuangan melalui program Pesta Rakyat Simpedes ini.

“Dalam menghadapi perubahan, UMKM bersama dengan Tabungan BRI Simpedes, dapat pede dan lebih tangguh menghadapi perubahan lingkungan bisnis yang semakin cepat dan berskala besar di masa depan,” ujar Supari, Direktur Bisnis BRI.

Hal serupa disampaikan Pimpinan Wilayah Bank BRI Cabang Tasikmalaya, Ary Juwono bahwa pihaknya sangat mendukung para pelaku UMKM untuk bangkit kembali semenjak pandemi covid-19.

“Kami berkomitmen mendorong UMKM untuk terus berinovasi melalui pelatihan-pelatihan yang kita lakukan secara rutin. Kami juga mengedukasi masyarakat untuk menggunakan transaksi digital pada kegiatan PRS ini melalui aplikasi BRImo. Tujuannya agar masyarakat lebih familiar dengan transaksi digital sehingga dapat mengaplikasikannya dalam transaksi sehari-hari. Kegiatan ini juga untuk mendukung pemerintah dalam digitalisasi finansial dan mengurangi peredaran uang fisik,” ujar Ary Juwono.

Pada hari pertama penyelenggaran, PRS menyajikan kegiatan edukasi seputar bisnis dan UMKM yang dikemas dalam bentuk kelas UMKM, workshop, dan talkshow interaktif. Pasar UMKM juga ikut meramaikan kegiatan PRS kali ini, dengan berbagai produk unggulan para pelaku UMKM dari kuliner, kerajinan tangan, fashion, hingga oleh-oleh khas Tasikmalaya. Dalam meramaikan event PRS kali ini, juga terdapat kegiatan Pawai Budaya yang diikuti oleh beberapa komunitas lokal di Kota Tasikmalaya.

Gelaran PRS ini juga akan menampilkan program Panggung yang akan diramaikan oleh artis ternama. Pada hari Jumat akan menampilkan Geisha, lalu hari Sabtu akan disemarakkan oleh Ayu Ting-Ting dan Anji, dan ditutup di hari Minggu dengan penampilan Slank.

Selain itu akan ada Panggung Tawa dan Panggung Masak untuk mendukung kreativitas dan wadah ekspresi pengunjung melalui program Pojok X’Sis. Lalu, akan ada program Peduli yang akan menjadi wadah sosial untuk cek kesehatan gratis, donor darah, dan cukur rambut gratis oleh capster barbershop di Kota Tasikmalaya. Dan tidak ketinggalan program Panen dalam bentuk hadiah senilai ratusan ribu rupiah hingga hadiah utama 1 unit sepeda motor.

Demi mewujudkan digitalisasi finansial, pada gelaran ini setiap pengunjung yang hadir akan menggunakan aplikasi BRImo untuk melakukan scan QRIS BRImo sebesar Rp. 1,- pada ticket box area. Setiap transaksi di Pasar UMKM menggunakan sistem pembayaran cashless untuk memberikan literasi digital keuangan bagi masyarakat yang hadir pada gelaran ini. Tentunya, kegiatan digitalisasi finansial ini sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat dan mendukung program pemerintah untuk mengurangi penggunaan uang fisik dan beralih terhadap sistem pembayaran cashless.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaran BRI Pesta Rakyat Simpedes 2022 dapat diakses melalui http://s.id/PRS2022.

Baca: Bank BRI Unit Manonjaya Berikan 200 Bibit Durian di Desa Pasirbatang