Rehab Ruang Kelas dan Laboratorium di SMP Negeri 9 Kota Tasik Terkesan Asal Jadi

Kualitas hasil pekerjaan rehab kedua bangunan tersebut yang dilaksanakan pihak ketiga itu jadi sorotan tim Monitoring dan Evaluasi Pemkot Tasikmalaya.

Rehab Ruang Kelas dan Laboratorium di SMP Negeri 9 Kota Tasik Terkesan Asal Jadi

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Pekerjaan rehabilitasi ruang kelas dan laboratorium IPA di SMP Negeri 9 Kota Tasikmalaya terkesan asal jadi. Bagaimana tidak, kualitas hasil pekerjaan rehab kedua bangunan tersebut yang dilaksanakan pihak ketiga itu jadi sorotan tim Monitoring dan Evaluasi Pemkot Tasikmalaya

Tim monev mendapati sejumlah kekurangan pada hasil pekerjaan kedua bangunan tersebut, diantaranya kualitas cat tembok yang dinilai tak sesuai spek, dinding acian yang tidak rapih, plafon bocor, hingga list plafon yang kurang rapih.

Tim juga sempat dibuat kesulitan untuk melakukan pemeriksaan hasil pekerjaan lantaran pihak pelaksana dan konsultan pengawas tak kunjung datang ke lokasi. Bahkan pihak Inspektorat pun tak bisa melakukan pemeriksaan lebih detail lantaran dokumen yang dibutuhkan tak kunjung diberikan.

Melihat kualitas hasil pekerjaan yang dilaksanakan oleh pihak ketiga itu, dinilai tak sebanding dengan alokasi anggaran yang digelontorkan untuk rehabilitasi kedua bangunan tersebut.

Kepala Bagian Pembangunan Dian Danawiarsa menuturkan, hasil monev di SMP Negeri 9 terdapat sejumlah catatan dan harus segera diperbaiki ulang, diantaranya pengecatan yang kurang bagus, dinding acian tidak dirapihkan, plafon bocor, bahkan list plafon yang kurang rapih.

Pihaknya meminta OPD terkait untuk memastikan terlebih dahulu kualitas hasil pekerjaannya sudah sesuai dengan perencanaan yang dibuat.

"Sebelum ceklis, kita minta item yang kurang itu untuk diperbaiki dulu. Pihak dinas pun harus memastikan bahwa pekerjaan tersebut sudah sesuai dengan perencanaan. Jangan sampai sejumlah kekurangan hasil temuan tim tetap dibiarkan tidak diperbaiki," ujar Dian disela sela Monev, Kamis 22 September 2022.