Tak Hanya Diberi Pinjaman Modal, PNM Bina Nasabah Kembangkan Usaha

Pihaknya akan selalu mendukung selama kegiatan yang dilaksanakan oleh PNM bersifat positif, seperti halnya kegiatan pembinaan ini.

Tak Hanya Diberi Pinjaman Modal, PNM Bina Nasabah Kembangkan Usaha

KOTA TASIK INILAHTASIK.COM | Sebanyak 55 nasabah PNM Kelurahan/Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya menghadiri kegiatan Temu Usaha Nasabah Mekar (TUNM) yang digelar Permodalan Nasional Madani atau PNM, di Aula Kelurahan Mangkubumi, Jum'at 23 September 2022.

Lurah Mangkubumi Erik Nurbani S.STP mengatakan pihaknya akan selalu mendukung selama kegiatan yang dilaksanakan oleh PNM bersifat positif, seperti halnya kegiatan pembinaan ini.

"Melalui kegiatan seperti ini, mudah mudahan pelaku UMKM di Kelurahan Mangkubumi semakin unggul, tangguh dan inovatif," ujar Erik.

Pihaknya berpesan kepada para nasabah PNM yang diberi pinjaman modal, jangan sampai digunakan untuk hal konsumtif dipakai makan atau kebutuhan sehari-hari. Tapi gunakan itu untuk modal usaha, sehingga kedepan usaha yang dirintis dapat berkembang.

Kepala Area III PNM Cabang Tasikmalaya Yusri Dewi menuturkan, bahwa PNM selama ini aktif dalam pemberdayaan nasabah melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU).

"Pada kesempatan ini kami mengundang 55 orang Nasabah yang masuk dalam program PKU yang ada di wilayah Kelurahan Mangkubumi," terang Yusri.

Di wilayah Kecamatan Mangkubumi, kata Yusri, jumlah nasabah yang sudah bergabung di PNM sekitar 3.000 nasabah. Selain akses permodalan, para nasabah juga dibina dan diberi motivasi untuk mengembangkan usahanya.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya melakukan survey langsung ke rumah nasabah, memastikan jiga uang tersebut benar benar digunakan sebagai modal usaha.

"Alhamdulillah, sejauh ini efektivitas dari program yang kami jalankan sangat baik. Ibu-ibu juga antusias mengikuti program PKU ini," jelas Yusri.

Ia menambahkan, guna membantu pengembangan usaha nasabah, pihaknya pun memberikan arahan kepada para nasabah terkait dengan pola pemasaran, kita juga mengarahkan agar nasabah dapat memasarkan produk usahanya melalui online.