Trauma Healing, Tim Tagana Kab. Tasik Ajak Anak di Pengungsian Bermain Games

Tak hanya anak anak, sejumlah orang tua yang tinggal di tenda pengungsian pun turut serta dalam kegiatan tersebut.

Trauma Healing, Tim Tagana Kab. Tasik Ajak Anak di Pengungsian Bermain Games

KAB. CIANJUR, INILAHTAAIK.COM | Bantu pemulihan psikologis korban bencana gempa di Kabupaten Cianjur, Tim Tagana Kabupaten Tasikmalaya berikan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) kepada anak anak korban gempa yang tinggal di tenda pengungsian di Kampung Jagakarsa, Desa  Jambudipa, Kecamatan Warungkondang.

Puluhan anak yang tinggal di tenda pengungsian diajak bermain games. Tak hanya anak anak, sejumlah orang tua yang tinggal di tenda pengungsian pun turut serta dalam kegiatan tersebut. Mereka yang mengikuti kegiatan tersebut juga diberi hadiah oleh tim LDP Tagana Kabupaten Tasikmalaya.

"Kegiatan seperti ini dilakukan sebagai upaya Trauma Healing atau penyembuhan dari adanya gangguan psikologis pasca bencana, seperti rasa cemas, takut dan panik karena lemahnya ketahanan mental yang berbeda dari tiap individu," kata Ahmad Hidayat, Petugas LDP Tagana Kabupaten Tasikmalaya, di lokasi pengungsian, Rabu 23 November 2022.

Pihaknya memberikan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) kepada anak anak yang berada di pengungsian. Kegiatannya berupa games atau permainan serta memberikan hadiah kecil bagi anak anak yang mengikutinya.

"Semoga dengan adanya kegiatan layanan dukungan psikososial ini anak anak yang tinggal disekitar lokasi pengungsian bisa sedikit terhibur dan perlahan kondisi psikis mereka semakin membaik," ungkapnya.

Selain memberikan Layanan Dukungan Psikososial, kata Ahmad, anggota Pelopor Perdamaian juga berupaya mencatat warga yang berada di pengungsian dan menanyakan berbagai informasi mengenai anggota keluarganya yang lain.