Universitas Al Azhar Indonesia Jajaki Kerjasama dengan KIM Kota Tasik

Kehadirannya bersama rombongan mewakili pihak universitas guna membangun kesepahaman terlebih dahulu.

Universitas Al Azhar Indonesia Jajaki Kerjasama dengan KIM Kota Tasik

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Universitas Al Azhar Indonesia menjajaki kerjasama dengan Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat (FK KIM) Kota Tasikmalaya. Penandatanganan kerjasama dilakukan di Sekretariat FK KIM Kota Tasik, Jalan Sirnagalih Kelurahan Sirnagalih Kecamatan Indihiang, Senin 28 November 2022.

Wakil Dekan Fisip Universitas Al Azhar Indonesia, Yoedo Shambodo, pihaknya belum bisa menjelaskan secara detail apa yang bisa dibagikan dengan masyarakat Kota Tasikmalaya. Kehadirannya bersama rombongan mewakili pihak universitas guna membangun kesepahaman terlebih dahulu.

"Dari hasil obrolan tadi, ternyata ada banyak potensi yang bisa dikembangkan sesuai dengan keilmuan mahasiswa yang nantinya akan menjalankan KKN tematik disini," kata Yoedo.

"Sementara ini kami datang mewakili satu prodi yakini Fakultas Komunikasi saja. Mudah mudahan nanti lepas dari sini kami akan komunikasikan dengan pihak universitas, siapa tahu ada prodi lainnya yang minat untuk ikut KKN disini," tambahnya. 

Sekretaris Prodi Fakultas Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia, Imsar Gunawan menambahkan, kedatangan pihaknya ke sekretariat FK KIM Kota Tasikmalaya untuk silaturhami. Ia menyebut sebelumnya sudah melakukan zoom metting dengan ketua KIM Jawa Barat.

"Jadi bentuk kerjasamanya nanti mahasiswa Fakultas Komunikasi Universitas Al Azhar akan melaksanakan KKN Tematik disini. Mereka akan tinggal dan hidup dengan masyarakat selama satu hingga dua bulan, sebagai pembelajaran di masyarakat untuk bekal mereka nanti ketika sudah lulus," jelasnya.

Ia menambahkan, untuk pokok KKN Tematik-nya, nanti akan disesuaikan dengan tema yang ditentukan oleh pihak universitas. Misalnya bagaimana cara mengemas hasil produk UMKM yang menarik, dan apa yang menjadi pontensi di wilayah sekitar bisa kita angkat melalui sistem digitalisasi.

Sementara itu, Ketua KIM Jabar, Deni Sonjaya, menyambut baik adanya kerjasama ini. Ini merupakan kerjasama kali pertama yang dilakukan Universitas Al Azhar Indonesia di wilayah Jawa Barat, dan pihak universitas memilih Kota Tasikmalaya sebagai pilot project pertama di Jabar.

"Semula kita merekomendasikan Kabupaten Sumedang yang sudah lebih siap dari sisi strukturisasi kepengurusan KIM nya, mulai dari tingkat Kabupaten hingga desa, namun pihak universitas lebih memilih Kota Tasik sebagai tujuan awal kerjasama ini," tutur Abah Deni sapaan akrabnya.

Menurutnya, selain pengabdian di masyarakat melalui kegiatan KKN Tematik, pihaknya berharap melalui kerjasama ini dapat turut serta meningkatkan SDM KIM di Kota Tasikmalaya. Peningkatan kemampuan dan kapasitas anggota KIM juga sangat diperlukan, selain nantinya pihak universitas juga membantu mengangkat potensi UMKM, Pariwisata dan lainnya. 

"Saat ini masyarakat butuh unsur yang bisa mendampingi mereka secara berkesinambungan, dan mahasiswa dinilai potensial untuk membantu mewujudkan  keinginan dan harapan masyarakat,"  ucapnya.