H. Nanang Harap ANBK Dorong Mutu Pendidikan di Kota Tasik

Monitoring akan terus dilakukan oleh pihak Dinas Pendidikan yang melibatkan sejumlah pegawai bidang terkait dengan dibagi beberapa bagian sesuai jadwal yang telah ditentukan.

H. Nanang Harap ANBK Dorong Mutu Pendidikan di Kota Tasik
Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya. H. Nanang suhara

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tingkat Sekolah Dasar (SD) khususnya di Kota Tasikmalaya, tengah berlangsung dari tanggal 27 Oktober 2022.

Jumlah sekolah yang melaksanakan ANBK sebanyak 234 sekolah negeri dan swasta dengan dibagi menjadi 4 gelombang dan akan berakhir pada tanggal 03 November 2022.

Saat melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) di SDN Mangkubumi, Selasa 01 Novemcer 2022, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, H. Nanang Suhara, mengatakan bahwa sejauh ini hasil pantauan di lapangan, proses ANBK di Kota Tasik berjalan lancar, meski sedikit ada yang menjadi kekhawatiran yakni dalam hal teknis.

“Terutama gangguan internet dan padamnya listrik. Tapi Alhamdulillah sampai sekarang masih lancer hingga ke sekolah-sekolah pinggiran atau di perbatasan wilayah kota/kab tidak terjadiu kendala apapun. Mudah-mudahan sampai tanggal 03 November nanti proses ANBK bisa berjalan lancar,” ucapnya.

H. Nanang menegaskan, giat monitoring akan terus dilakukan oleh pihak Dinas Pendidikan yang melibatkan sejumlah pegawai bidang terkait dengan dibagi beberapa bagian sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Ia berharap hasil dari ANBK semua pihak sekolah bisa mengetahui tentang karakteristik atau kultur warga sekolah masing-masing. Lebih jauh lagi, lanjut H. Nanang, adanya ANBK dapat mendorong kemajuan serta mutu pendidikan di Kota Tasikmalaya.

“Apalagi sekarang sudah ada para guru dan kepala sekolah penggerak, sehingga kami tidak ingin ketinggalan kurikulum yang baru, dan diharapkan kurikulum ini bisa dilaksanakan dengan maksimal,” tandasnya.