Harapan Nanang Beni Miliki Rumah Layak Akhirnya Terwujud

Harapan Nanang Beni Miliki Rumah Layak Akhirnya Terwujud

KAB. CIAMIS, INILAHTASIK.COM | Nanang Beni (60) warga Dusun Pasarsalasa, Cikoneng, Kabupaten Ciamis. Untuk bisa menafkahi keluarganya, sehari-hari ia jualan Nasi TO. Hampir 10 tahun lamanya ia bersama istri, juga anaknya tinggal di rumah yang sudah tidak layak huni, bahkan kondisinya nyaris rubuh. 

Khawatir rumahnya rubuh, saat malam tiba ia bersama istri dan anaknya harus meumpang tidur di rumah saudaranya, pada siang hari ia kembali menempati rumah yang nyaris rubuh itu. Bertahun-tahun itu juga pak Nanang terus mengerahkan segala bentuk ikhtiarnya untuk merenovasi rumahnya.

Melihat perjuangan pak Nanang yang tak mengenal lelah untuk bisa memperbaiki rumah tinggalnya, Hidayah Berbagi Indonesia (HBI) berkolaborasi dengan berbagai elemen seperti para mitra donatur, pemerintahan, tokoh masyarakat dan lainnya membangun kembali rumah pak Nanang Beni hingga menjadi layak untuk dihuni.

“Alhamdulillah, saya hanya bisa menyampaikan terimakasih banyak serta do'a yang tak terhingga kepada semua pihak yang sudah peduli dan membantu perbaikan rumah kami sehingga menjadi seperti saat ini. Hanya sebatas itu yang bisa saya sampaikan, saya tidak bisa membalasnya dengan apapun, saya serahkan kepada yang Maha Suci yang bisa membalasanya. Jazakumulloh untuk semuanya, mudah mudahan sehat selalu," ungkap Nanang.

Saat ini rumahnya sudah bisa ditempati dengan nyaman dan aman juga sudah diserahterimakan kepada Pak Nanang, Pembangunan inipun didukung oleh pemerintah dengan tokoh masyarakat setempat, tokoh ulama, dan elemen-elemen lain yg berkolaborasi dan bergotong royong, hal ini disampaikan oleh M Fauzi Ridwan Selaku tim Program HBI

“Alhamdulillah pembangunan rumah layak untuk pak Nanang sudah selesai setelah kurang lebih 1 bulan proses pembangunan. Saat ini  sudah diserahterimakan dan akan segera ditempati oleh beliau dan keluarga, In Syaa Allah aman dan nyaman dari sebelumnya," kata M Fauzi Ridwan, Tim Program HBI, usai peresmian rumah pak Nanang, Rabu 04 Januari 2023.

Ia menyebut, pembangunan rumah pak Nanang didukung oleh banyak pihak, mulai dari pemerintah setempat, tokoh ulama, dan elemen-elemen lain yang ikut berkolaborasi dan gotong royong. Semoga menjadi amal jariyah untuk semua yang sudah ikut sama-sama mewujudkan hunian layak untuk pak Nanang. Jazakumallahu Khairaan.

Ia menambahkan, rumah pak Nanang merupakan rumah pertama di tahun 2023 yang diresmikan oleh HBI. Ditahun 2022, HBI sudah membangun 8 rumah layak huni di Ciamis dan sekitarnya. Program ini merupakan salah satu bagian dari program HBI sejatera, dimana program ini menjangkau masyarakat yang membutuhkan bantuan renovasi rumah layak dengan kriteria tertentu melalui proses assesment.

Selain itu HBI sebagai lembaga amal sosial kemanusiaan bergerak di berbagai program lainnya seperti bantuan sarana prasarana keagamaan, bantuan pangan untuk masyarakat prasejahtera, bantuan medis, santunan guru ngaji dan anak yatim paitu, respon bencana alam, renovasi rumah dan beasiswa untuk pendidikan anak negeri.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut unsur Kecamatan, Desa Cikoneng, Koramil, Polsek, Dinsos, Baznas Kabupaten Ciamis, tokoh masyarakat, serta para donator pembangunan rumah pak Nanang.