Jangan Lupakan Sejarah, PPM Kawali Salurkan Donasi Kepada Para Veteran

Dulu mereka berjuang melawan penjajah, melindungi rakyat demi NKRI dan sekarang mereka berjuang melawan nasibnya sendiri. Jadi sekarang giliran kita membantu dan melindungi mereka.

Jangan Lupakan Sejarah, PPM Kawali Salurkan Donasi Kepada Para Veteran

CIAMIS, INILAHTASIK.COM | PPM Ranting Kawali, Ciamis memberikan apresiasi setinggi tingginya kepada para pengusaha dan agnia di Kecamatan Kawali yang menyisihkan rezekinya kepada para veteran.

Santunan dari beberapa pengusaha dan Camat Kawali tersebut rencannya akan dilaksanakan secara simbolis di halaman Kecamatan Kawali pada 17 Agustus 2022.

Donasi tersebut akan diberikan kepada para Veteran yang memenuhi kriteria untuk mendapatkannya. Sebelum tanggal penyerahan, PPM Kawali masih membuka open donasi kepada siapa saja yang ingin turut serta memberikan sebagian rezekinya kepada para veteran.

"Santunan kepada beberapa Veteran di lingkungan Kecamatan Kawali, dari beberapa pengusaha, konotasinya jangan diartikan sebagai sumbangan dari sikaya kepada si miskin itu adalah persepsi yang salah," jelas Rizal. Ketua PPM Ranting Kawali.

Beberapa agnia di kawali yang memberikan apresiasi kepada Veteran adalah  H. Wawan Setiawan. Pengusaha real estate Bumi Kencana Asri dan Villa Cigintung. PT. HJE  H. Epon, dan toko bahan bangunan Usaha Mukti dan PT JSS H. Endang Holis.

"Saya sebagai anak Veteran, sangat hormat kepada mereka yang masih peduli dan apresiasi kepada Veteran. Sangat jarang orang yang masih peduli Pada Veteran. Bahkan ada instansi yang menganggap santunan apresiasi kepada Veteran adalah pelecehan. Lalu bagai mana kalau fakta di lapangan seperti dalam foto-foto di atas?," ungkap Rizal.

Dulu mereka berjuang melawan penjajah, melindungi rakyat demi NKRI dan sekarang mereka berjuang melawan nasibnya sendiri. Jadi sekarang giliran kita membantu dan melindungi mereka.

"Maaf ya kepada orang yang tidak mau memberi apresiasi santunan kepada Veteran yang nota benenya berjuang melawan nasibnya sendiri. Jangan menyebarkan konotasi kata "santunan " adalah suatu pelecahan," tandas Rizal.

Bangsa yang besar adalah Bangsa yang menghargai Pahlawannya”, dan “Jangan sekali-kali kita melupakan Sejarah”, itulah ucapan Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno pada pidatonya.

Ungkapan ini menggambarkan bahwa betapa pentingnya sejarah dalam kelanjutan bangsa, dan perjuangan dalam mewujudkan kemerdekaan dari tangan penjajah merupakan bukti bagi bangsa, dibalik pejuangan terukir nama pendiri bangsa.

Karena kemerdekaan NKRI tidak akan terlepas dari kenangan akan jasa-jasa para pahlawan yang telah merebut dan mempersembahkan kemerdekaan seperti yang kita rasakan saat ini.

Pahlawan adalah seseorang yang dinilai mulia karena pebuatannya memiliki pengaruh dan bermanfaat bagi kepentingan orang banyak. Dalam bahasa Inggris Pahlawan disebut ”hero” yang diberi arti satu sosok legendaries dalam mitologi yang dikaruniai kekuatan yang luar biasa, keberanian, kemampuan serta diakui sebagai keturunan dewa.

Pahlawan adalah sosok yang selalu membela kebenaran dan membela yang lemah walaupun ancamannya nyawa melayang. Sebagai penerus bangsa, kita harus menghargai jasa-jasa dan pengorbanan para pejuang/pahlawan yang telah berjuang mempertahankan kedaulatan NKRI.

Untuk penghargaan dan penghormatan dari Pemerintah dan Rakyat Indonesia secara tulus kepada para pahlawan yang perjuangan dan pembelaan Kemerdekaan RI dengan berjuang mengangkat senjata, membela kemerdekaan dan kebebasan tanah airnya maka pemerintah Indonesia memberi tanda kehormatan sebagai Veteran RI seperti yang telah diatur dalam UU No. 15 tahun 2012 tentang Veteran Republik Indonesia.

Presiden Republik Indonesia juga telah menetapkan, bahwa tanggal 10 Agustus sebagai Hari Veteran Nasional dan dinyatakan bukan hari libur. Peringatan Hari Veteran Nasional dimaksudkan untuk mengenang gencatan senjata pada tanggal 10 Agustus 1949 setelah para Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia melawan Tentara Belanda, penjajah.