Komisi I Desak Pemkot Tasik Perketat Pembinaan dan Sosialisasi Netralitas ASN

Komisi I Desak Pemkot Tasik Perketat Pembinaan dan Sosialisasi Netralitas ASN

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Jelang tahun politik, Komisi I DPRD Kota Tasikmalaya desak Pemkot segera lakukan sosialisasi kepada seluruh ASN guna menjaga Netralitas mereka dalam pelaksanaan pemilu mendatang.

Hal itu dikatakan, Anang Sapaat, Sekretaris Komisi I DPRD Kota Tasikmalaya, usai menggelar rapat kerja bersama Sekretaris Daerah, BKPSDM, Inspektorat, Asisten Administrasi Umum, dan Bagian Organisasi, di ruang rapat I, Rabu 11 Januari 2023.

Anang mengatakan, banyak hal yang dibahas terutama tentang SDM kepegawaian, tata kelola organisasi dan pengawasan oleh Inspektorat. Seluruhnya mengarah pada perbaikan perbaikan SDM ASN di lingkungan Pemkot Tasikmalaya.

"Tadi juga sempat disinggung soal viral berita oknum ASN yang diduga terlibat politik praktis, dan akan diselesaikan oleh pihak Pemkot dan sudah menugaskan Kepala OPD bersangkutan untuk menyelesaikannya," kata Anang.

"Tahap awal penyelesaian itu ada di kepala OPD, karena Inspektorat tidak bisa langsung turun ketika masih bisa ditangani oleh kepala OPD," tambahnya.

Ia menambahkan, pihak Pemkot sangat begitu respect ketika mendapati masalah tersebut viral ada di media sosial dan beberapa media, langsung ditindaklanjuti.

Pihaknya menekankan agar jangan sampai terjadi hal seperti ini. Beruntung masih belum masuk dalam tahap masa kampanye, jika sudah masuk tahapan kampanye akan lain ceritanya.

"Komisi I menekankan, pembinaan terhadap ASN harus lebih ketat, sosialisasi tentang aturan harus lebih ditingkatkan, dan percepat sosialisasi aturan kepada seluruh ASN. Mungkin masih banyak ASN yang belum mengetahui tentang aturan aturan itu," tegasnya.

Menurutnya, Pemkot Tasikmalaya terkesan masih lemah dalam menyampaikan regulasi tentang ini kepada seluruh jajaran birokrasinya.