Mahasiswa KKN UMTAS Kelompok 5, Optimalkan Taman Pacuan Kuda Legokjawa Jadi Destinasi Wisata

Keberadaan taman pacuan kuda dengan latar panorama alam yang indah menghadap ke pantai sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai destinasi wisata di Desa Legokjawa.

Mahasiswa KKN UMTAS Kelompok 5, Optimalkan Taman Pacuan Kuda Legokjawa Jadi Destinasi Wisata

PANGANDARAN, INILAHTASIK.COM | Mahasiswa kelompok 5 Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya sukses jalankan program KKNT di Desa Legokjawa Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran yang berlangsung dari tanggal 8 Agustus hingga 8 September 2022.

Salah satu program mahasiswa KKNT kelompok 5 di Desa Legokjawa yakni adanya keinginan untuk meningkatkan potensi desa melalui pemanfaatan dan optimalisasi taman (lapangan pacuan kuda-red), yang dinilai memiliki daya pikat tersendiri dan jarang ditemui di tempat-tempat wisata lainnya.

Keberadaan taman pacuan kuda dengan latar panorama alam yang indah menghadap ke pantai sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai destinasi wisata di Desa Legokjawa.

Akan tetapi keberadaan taman ini belum di manfaatkan secara optimal oleh masyarakat sekitar, sehingga terlihat taman tersebut nampak kurang terawat.

Mahasiswa KKN UMTAS kelompok 5 yang turut serta dalam optimalisasi keberadaan taman kuda ini dianataranya, Muhammad Rifal Fadilah sebagai ketua kelompok (S1 Bimbingan dan Konseling). Sebagai anggotanya, Fadillah Asy'ari (Teknik Mesin), Rian Syahrillah  Aspari (Pendidikan Teknologi Informasi), Muhammad Ariz (S1 Keperawatan), Nur Azizah (S1 Keperawatan), Ri Amelina (S1 Bimbingan dan Konseling), Hilda Siti Nurhaliza (S1 Bimbingan dan Konseling), Rahmi Purnama Sari (S1 Keperawatan), Rachmi Rachmassari (Pendidikan Guru Sekolah Dasar), Mima Siti Rohimah (Pendidikan Guru Sekolah Dasar), Rizvi Ayazi (Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik) Fauziah Kananta Alifina (S1 keperawatan) dan Vena Septianti (Pendidikan Guru Sekolah Dasar). 

Mereka berinisiatif untuk menghidupkan kembali taman pacuan kuda melalui kegiatan Jum'at bersih (jumsih) di Desa Legokjawa tepatnya di Dusun Cidadap. Langkah awal yang dilakukan mahasiswa KKN UMTAS kelompok 5 ini sebagai salah satu upaya membangun kesadaran akan petingnya menjaga kebersihan lingkungan 

Kepala Dusun Cidadap Engkus, atau yang biasa dipanggil pa Ulog mengungkapkan, bahwa dengan adanya kegiatan gotong royong yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UMTAS dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melaksanakan kegiatan Jum'at bersih minimal satu bulan sekali.

Tokoh Masyarakat Desa Legokjawa, yang juga anggota Karang Taruna, Arif menyebut bahwa mahasiswa KKN UMTAS kelompok 5 menjadi pelopor dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

"Terimakasih atas pembuatan tempat pembuangan sampah, juga bimbingan serta penjelasan tentang bagaimana mengurai dan memilah sampah, sehingga ini menjadi tambahan pengetahuan bagi kami khususnya warga Dusun Cidadap. Semoga kegiatan Jumsih ini akan terus berlanjut dan konsisten dilaksanakan di Desa Legokjawa," ungkap Arif.

Program yang digagas kelompok 5 ini, tak lain untuk menjadikan Desa Legokjawa sebagai salah satu destinasi wisata di Kabupaten Pangandaran yang wajib untuk dikunjungi, baik itu oleh warga sekitar, juga dapat menarik wisatawan lokal, regional, hingga mancanegara untuk datang berkunjung ke taman pacuan kuda di Desa Legokjawa.

Ketua KKN Kelompok 5 Muhammad Rifal Fadilah mengatakan, untuk meningkatkan daya tarik kunjungan wisatawan di taman pacuan kuda Desa Legokjawa, pihaknya berinisiatif untuk membuat gapura selamat datang, petunjuk arah, tempat pembuangan sampah, larangan berenang dan beberapa spot foto di taman pacuan kuda, sehingga taman ini menjadi lebih tertata lagi. 

"Program desa wisata yang digagas mahasiswa KKNT UMTAS ini tidak lepas dari peran kepala desa serta unsur aparat desa, karang taruna dan masyarakat sekitar, juga dosen pembimbing lapangan ibu Ida Herdiani M.Kes yang telah memberikan bimbingan, arahan serta dukungan kepada kelompok 5 di Desa Legokjawa," terang Muhamad Rifal Fadilah kepada Inilahtasik.com, Rabu 21 September 2022.

"Menandai peresmiannya, diadakan pula acara gunting pita di taman pacuan kuda," tambahnya.