Musdes Kawali, Bahas Perubahan Nama Kab.Ciamis menjadi Kab.Galuh

Musdes Kawali, Bahas Perubahan Nama Kab.Ciamis menjadi Kab.Galuh

CIAMIS, INILAHTASIK.COM | Pemerintah Desa Kawali Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis menggelar Musyawarah Desa (Musdes), yang dilaksanakan di Aula kecamatan Kawali, Jumat 28 Oktober 2022.

Musdes tersebut membahas tentang aspirasi masyarakat terkait pengembalian nama Kabupaten Ciamis menjadi kabupaten Galuh. 

Turut hadiri pada Musdes tersebut Camat Kawali, Kades Kawali, Ketua BPD Desa Kawali, Lurah, RW, RT, Penggerak PKK dan Elemen Desa lainnya serta undangan para tokoh masyarakat Desa Kawali dan total yang sebanyak 112 orang.

Dalam sambutanya kepala Desa Kawali, Yuyun, menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Ciamis berencana mengubah nama Kabupaten Ciamis menjadi Kabupaten Galuh.

Galuh diketahui merupakan nama salah satu kerajaan di Nusantara, dan masyarakat Ciamis merupakan pewaris dari Kerajaan Galuh itu

"Kabupaten Ciamis dalam pengubahan nama Galuh telah melakukan pengkajian bahwa Ciamis akan berganti nama menjadi Galuh dan mudah-mudahan tidak dengan waktu yang lama, nama Ciamis kembali ke nama Galuh," ungkapnya.

Sebagai Narasumber Dody menyampaikan bahwa kata Galuh mengandung arti filosofi yang dalam yang telah mewarnai tatanan kehidupan suku Sunda.

Sedangkan penamaan Kabupaten Ciamis ini karena secara toponomi nama Ciamis tidak memiliki makna yang bernilai baik.

Dari 112 tamu undangan yang hadir, semuanya menyatakan siap mendukung perubahan nama Kabupaten Ciamis menjadi Kabupaten Galuh. Dengan menandatangani sebuah kesepakatan.