Muslim: Butuh Aksi Nyata Atasi Stunting

Muslim: Butuh Aksi Nyata Atasi Stunting

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Atasi persoalan stunting Pemkot Tasikmalaya mulai melakukan intervensi program guna mengatasi persoalan tersebut. Namun yang diperlukan saat ini adalah aksi nyata, bukan hanya sekedar kegiatan seremoni belaka, sebab mengatasi stunting tak perlu banyak seremoni.

Hal itu dikatakan, Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya, H Muslim S.Sos, M.Si saat menghadiri kegiatan berbagi untuk anak negeri yang digelar Barisan Para Mantan Narapidana dan Tahanan, di Sekretariat Baramata Jalan Letkol Komir Kartaman Lengkongsari Kecamatan Tawang, Rabu 25 Januari 2023.

Ia menyebut, berdasarkan data yang ada sedikitnya lima ribu balita di Kota Tasik alami stunting. Perlu kerjasama semua pihak guna mengatasi persoalan stunting apalagi tahun 2024 Kota Tasik harus bebas stunting. 

Pihaknya mengapresiasi kegiatan yang digelar Baramata, aksi nyata seperti ini diyakininya dapat membantu kurangi masalah stunting di Kota Tasik.

Menurutnya, selain harus bebas stunting, Kota Tasik juga harus segera bebas kemiskinan. Sebab kalau tingkat kemiskinannya masih tinggi, itu garis lurus dengan persoalan stunting. 

"Stunting ini menjadi pembahasan utama di DPRD, oleh karenanya DPRD menganggarkan khusus untuk stunting. Pemerintah Pusat juga sama mengalokasikan untuk mengecek balita apakah pertumbuhan dan berat badannya sesuai atau tidak," kata Muslim.

Pihaknya akan mengawal penggunaan anggaran penanganan stunting supaya tepat sasaran. Ia menekankan tak perlu banyak kegiatan seremoni, karena atasi stunting tidak butuh seremonial.

"Jangan terlalu banyak seremoni, tapi perlu aksi nyata, terjun ke lapangan untuk melihat secara langsung, didata apakah itu benar benar stunting atau tidak," tegasnya.