Pastikan Lahan PLP2B, Gabungan Komisi II dan III Lakukan Cek Lapangan

Pastikan Lahan PLP2B, Gabungan Komisi II dan III Lakukan Cek Lapangan

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Pastikan lahan PLP2B sesuai titik yang sudah ditentukan, gabungan Komisi II dan III DPRD Kota Tasikmalaya lakukan cek lapangan ke beberapa lokasi lahan PLP2B, Selasa 24 Januari 2023.

"Hari ini kita berkesempatan untuk melihat langsung ke lapangan sample lahan yang akan di PLP2B kan," kata Andi Warsandi, Ketua Komisi II, usai melakukan cek lapangan, Selasa 24 Januari 2023.

"Tadi kita diajak untuk melihat lahan PLP2B di Cigantang dan Cibeuti. Dari dua sample lokasi yang kita kunjungi, memang hamparan lahan pertaniannya cukup luas," tambah Andi.

Pihaknya ingin memastikan lahan yang akan di PLP2B kan itu sesuai dengan yang sudah terpotret melalui satelit. 

"Jadi lahan PLP2B yang 855 hektare lebih itu sudah ada titik ordinatnya masing masing. Tadi kita turun ke lapangan itu untuk memastikan lahan tersebut sesuai dengan titik ordinat atau tidak," terang Politisi Partai besutan Probowo Subianto itu.

Menurutnya, syarat lahan yang akan di PLP2B kan harus lahan pertanian produktif yang bisa menghasilkan pangan minimal tiga kali panen dalam setahun. 

"Kenapa harus lahan yang produktif, supaya bisa menjadi penopang ketersediaan pangan kedepan," ujarnya.

Tahapan berikutnya, kata Andi, tinggal pendapat akhir fraksi, kemudian dibikin berita acara selesai pembahasan, lalu pihaknya akan sampaikan ke provinsi untuk dilakukan fasilitasi. Setelah dari Gubernur, masuk lagi ke dewan, berikutnya tinggal nunggu jadwal untuk di paripurna kan.

Ia menyebut, luas lahan PLP2B sudah dilakukan cleansing, sudah aman dari rencana proyek jalan tol dan proyek proyek kepentingan umum lainnya. 

Pihaknya berharap Kota Tasik memiliki lahan abadi untuk menjamin ketersediaan pangan masyarakat, meski pasokannya tidak akan mampu memenuhi seluruh kebutuhan pangan warga. 

"Paling tidak ini bagian dari ikhtiar Pemkot dan DPRD untuk memastikan, juga melaksanakan amanat undang undang berkenaan dengan daerah harus menyediakan lahan PLP2B untuk kepentingan masyarakat kedepan," pungkas Andi.