Sarling ke Ciamis, Ridwan Kamil Diminta Lanjutkan Jadi Gubernur Jabar

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Jawa Barat beserta rombongan di Tatar Galuh Kabupaten Ciamis.

Sarling ke Ciamis, Ridwan Kamil Diminta Lanjutkan Jadi Gubernur Jabar

CIAMIS, INILAHTASIK.COM | Gubernur Jawa Barat Mochammad Ridwan Kamil beserta Bunda Literasi Jabar Ibu Atalia Praratya dalam agenda Siaran Keliling (Sarling) Jawa Barat di Kabupaten Ciamis pada Rabu, 26 Oktober 2022.  

Dalam rangkaian kegiatan tersebut Ridwan Kamil di dampingi Bupati Ciamis Herdiat Sunarya beserta Bunda Literasi Kab. Ciamis Hj. Kania Ernawati Herdiat mengawali kunjungannya ke Pasar Kawali dan berkomunikasi dengan sejumlah pedagang di Pasar Kawali.

Kunjungan Gubernur dilanjutkan dengan pertemuan bersama sejumlah tokoh masyarakat, tokoh bertempat di Aula Kecamatan Kawali.

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Jawa Barat beserta rombongan di Tatar Galuh Kabupaten Ciamis.

“Atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat, saya haturkan ucapan selamat datang di Tatar Galuh Kabupaten Ciamis. Masyarakat sangat bahagia dapat bertemu langsung dengan Gubernur,” ucapnya.

Selanjutnya, Bupati menyampaikan dari beberapa kali pertemuan yang dilaksanakan dengan tokoh masyarakat di Kabupaten Ciamis, mereka menyampaikan masih butuh figur kepemimpinan bapak gubernur.

“Sebelumnya sudah beberapa kali pertemuan dengan tokoh – tokoh masyarakat di Ciamis dan saya harus menyampaikan amanat mereka bahwa masyarakat masih butuh figur pemimpin seperti Pak Gubernur untuk Jawa Barat,” ungkapnya.

Dihadapan Kang Kamil, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan, bukannya tidak mendukung Ridwan Kamil maju di Pemilihan Presiden. Namun, hal tersebut merupakan amanah dari masyarakat yang perlu disampaikan.

"Ada pesan yang harus saya sampaikan karena ini amanah. Warga Ciamis masih butuh figur Ridwan Kamil untuk pimpin Jabar. Bukannya tidak support kalau maju di Pilpres, tapi banyak warga yang intinya tong diizinan kalau ke RI (jangan diizinin kalau ke RI). Masih butuh figur RK untuk pimpin Jabar," ungkap Herdiat.

Menanggapi hal itu, Kang Emil mengaku akan istikharah untuk menentukan pilihan tersebut. Kalau maslahat jadi Gubernur Jabar, ia mengaku akan melanjutkan. Namun ada tarikan nasional, Ridwan Kamil pun siap maju di Pilpres 2024.

"Kalau maslahat jadi Gubernur dua kali saya lanjutkan, kalau misal tarikan takdir ke nasional saya siap. Kapan lagi orang Panjalu di Istana. Yang penting kita saling doakan dan bermanfaat yang terbaik untuk warga," pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam pertemuannya dengan para tokoh masyarakat Ciamis menyampaikan jumlah desa tertinggal di Jabar pada awal masa jabatannya tahun 2018 sebanyak 1000 Desa dan saat ini di tahun 2022 sudah tidak ada lagi desa dengan kategori tertinggal.

Sedangkan untuk desa mandiri pada tahun 2018 hanya sekitar 30 Desa, sedangkan saat ini sudah jauh bertambah menjadi 1.100 Desa Mandiri di Jawa Barat.

“Tuhan memberikan ujian Covid bukan tanpa maksud, salah satu hikmahnya keinginan masyarakat untuk belajar teknologi dan informasi naik secara tiba-tiba,” Katanya.

Menurutnya, hal itu menjadi salah satu faktor yang mendorong majunya perekonomian masyarakat khususnya di daerah pedesaan.

“Hasilnya sekarang ada konsep baru, tinggal di mana saja tapi bisa rezeki kota asal pakai digital,” jelasnya.

Ia menjelaskan saat ini orang Ciamis tidak usah kemana-mana, namun berekonomiannya dengan berdigital sehingga barang Ciamis bisa dijual sampai ke luar daerah bahkan luar negeri.

“Sekarang orang Ciamis jangan kemana-mana di Ciamis wae, tapi bisnisnya, berekonominya berdigital. Barang Ciamis bisa dibeli oleh luar daerah bahkan luar negeri tanpa orang Ciamis-nya pindah dari desa, ” jelas Gubernur.

Selepas menghadiri pertemuan dengan tokoh masyarakat, Bupati Ciamis bersama Gubernur Jabar bertolak ke acara Siaran Keliling (Sarling) yang digelar di Aula SMA Negeri 1 Kawali.

Dalam acara tersebut Kang Emil memberikan motivasi kepada para siswa agar dapat menguasai teknologi digital, mengingat saat ini dan kedepan digitalisasi bukan lagi suatu cara berinteraksi dan suatu kebutuhan tapi cara kita dalam berbisnis atau ekonomi digital.

Kunjungan Gubernur Jawa Barat diakhir dengan membuka Festival Egrang Tahun 2022 di Astana Gede Kawali yang tercatat oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan kategori Egrang terbanyak se Indonesia.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi istrinya Atalia Praratya dan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya  medapatkan piagam penghargaan rekor Muri Festival Egrang saat Siaran Keliling (Sarling) di Lapang Astana Gede, Kawali, Kabupaten Ciamis.