M. Husein Sosialisasikan Terobosan PT KAI Jelang Nataru

PT KAI sebagai BUMN bisa menjadi peran penting dalam moda transportasi yang mana sebentar lagi menghadapi libur Natal dan Tahun Baru.

M. Husein Sosialisasikan Terobosan PT KAI Jelang Nataru

KAB. TASIK, INILAHTASIK.COM | Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Gerindra, M. Husein Fadlulloh melakukan sosialisasi kegiatan Peran BUMN untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional yang dilaksanakan, di Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya pada Minggu 11 Desember 2022.

Dalam Kesempatan itu, Husein Fadlulloh menerangkan bahwa BUMN PT KAI sudah melakukan banyak terobosan mulai dari persiapan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung hingga LRT Jabodebek.

"Tentunya PT KAI sebagai BUMN bisa menjadi peran penting dalam moda transportasi yang mana sebentar lagi menghadapi libur Natal dan Tahun Baru dengan menyiapkan jutaan tiket, sedang berjalan pula pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung hingga LRT Jabodebek," ungkapnya.

Ia juga memaparkan saat momen libur Natal dan Tahun Baru ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali mempersiapkan diri untuk melayani masyarakat yang akan menggunakan kereta api. KAI menetapkan masa Nataru pada 22 Desember 2022 sampai 08 Januari 2023.

"Pada periode tersebut, KAI menyiapkan tiket KA Jarak Jauh sebanyak 2.236.021 tiket. Guna mengakomodasi lonjakan penumpang pada periode Nataru ini, KAI akan mengoperasikan rata-rata 484 KA per hari," jelas Husein.

Kemudian, lanjut ia, terkait Kereta Cepat Jakarta Bandung untuk Indonesia maju dan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, perlu diketahui juga KCJB merupakan kereta api cepat pertama di Asia Tenggara.

Menurut Husein, hadirnya KCJB menjadi era baru transportasi massal modern yang cepat, andal, aman, dan nyaman untuk mobilisasi secara optimal serta meningkatkan konektivitas antarkota. KCJB diharapkan mampu memicu pembangunan kawasan dan sentra ekonomi baru, serta berpotensi untuk dikembangkan seluruh Indonesia.

Memulai pembangunan sejak tahun 2018, proyek KCJB semakin berprogres menuju fase operasional pada Juni 2023.

"KCJB dibangun oleh 7 perusahaan terkemuka dari Indonesia dan Tiongkok yang telah berpengalaman mengerjakan proyek infrastruktur global dan tergabung dalam High Speed Railway Contractor Consortium atau HSRCC. Saat ini progres konstruksi pembangunan KCJB sudah mencapai 91,7%," jelasnya lagi.

Adapun progress LRT Jabodebek ditargetkan beroperasi pada Juli tahun 2023 mendatang untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat di wilayah Ibu Kota dan sekitarnya.

Saat ini, KAI bersama para pihak tengah mempersiapkan segala sesuatunya terkait pengoperasian LRT tersebut, baik sarana, prasarana, fasilitas pelayanan penumpang maupun perizinan perizinan yang diperlukan.

"Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional, tentu kehadiran LRT Jabodebek sangat dinantikan untuk mendukung kegiatan bertansportasi masyarakat yang aman, nyaman dan bebas macet," pungkasnya.