Peduli Korban Gempa Bumi Cianjur, XTC 47 Kota Tasik Galang Dana

Keluarga besar XTC 47 Kota Tasikmalaya turut berduka cita yang mendalam. sekaligus mendoakan para korban diberikan ketabahan dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran.

Peduli Korban Gempa Bumi Cianjur, XTC 47 Kota Tasik Galang Dana

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Bangsa indonesia kembali berduka cita dengan terjadinya gempa bumi yang mengguncang wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat berkekuatan 5.5 S.R pada tanggal 20 November 2022.

Dampak fenomena alam tersebut menimbulkan kerugian materil sebanyak 58.049 rumah rusak. Kemudian 25.186 rumah mengalami rusak berat, rusak sedang 12.496, dan rumah yang mengalami rusak ringan 20.367 rumah. Infrastruktur yang rusak di antaranya 368 sekolah, 144 tempat ibadah, 14 fasilitas kesehatan, dan 16 gedung atau perkantoran. Sebanyak 16 kecamatan dan 146 desa terdampak gempa bumi tersebut.

Akibat rumah terkena imbas guncangan gempa bumi yang begitu dahsyat itu tidak ada tanda-tanda melaikan datang dengan tiba tiba.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat terdapat 318 orang meninggal dunia. Data sementara yang mengalami luka sebanyak 7.729 orang terdiri dari 595 mengalami luka berat dan 7.134 luka ringan.

Sementara, korban luka berat yang dirawat di rumah sakit sebanyak 108 orang. Hingga banyak masyarakat yang mengungsi hingga 73.693 jiwa. 

Atas kejadian tersebut, XTC 47 Kota Tasikmalaya pada Minggu 27 November 2022 melakukan bakti sosial berupa penggalangan dana. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur.

"Galang dana yang kami lakukan ini di beberapa lokasi, mulai dari Alun-alun Kota Tasikmalaya, taman kota, jl. KH. Zaenal Mustafa (Pedestrian) sampai di depan Tugu Adipura," ungkap Korlap Baksos, Heru Muchtar. 

Ia bersyukur lantaran dana yang terkumpul dari aksi sosialnya itu mencapai Rp.1.400.500, dan hasil tersebut akan diberikan kepada para korban di Kab. Cianjur.

"Mudah mudahan bantuan ini bisa bermanfaat untuk saudara kita. Selain dari pada turun ke jalanan, kami juga melakukan open donasi lewat media sosial mulai dari bantuan tunai, bantuan pakaian, alat ibadah, alat belajar maupun obat-obatan," terangnya. 

Heru pun mengucapkan terima kasih kepada semua anggota yang telah ikutserta dalam kegiatan bakti sosial, terutama kepada pengguna jalan dan masyarakat yang telah memberikan partisipasinya untuk korban gempa bumi di kab. Cianjur.

Atas kejadian bencana gempa bumi tersebu, keluarga besar XTC 47 Kota Tasikmalaya turut berduka cita yang mendalam. sekaligus mendoakan para korban diberikan ketabahan dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran.

"Semoga korban yang meninggal dunia dalam keadaan husnul khotimah dan diterima di sisi Allah SWT. Amiin," tutupnya.