1.307 Anak Yatim di Kota Tasik Terima Bantuan Uang Tunai

1.307 Anak Yatim di Kota Tasik Terima Bantuan Uang Tunai
Para penerima bantuan tengah mengantri di ATM Mobile

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Sebanyak 1.307 anak yatim di Kota Tasikmalaya mendapat bantuan uang tunai dari Kementrian Sosial RI. Simbolis penyaluran bantuan diberikan oleh Kepala Dinas Sosial, Hendra Budiman Raksanagara SPi MP di halaman kantor Dinsos, Rabu 18 Januari 2023.

Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Tasikmalaya Hj Maswati menuturkan, pihaknya pekan lalu menerima surat dari Kementerian Sosial (Kemensos) bahwa proposal ajuan dari Kota Tasik untuk membiayai bantuan tersebut diakomodir dan akan dikucurkan. 

"Alhamdulillah mengawali tahun ini, kita dapat bantuan untuk 1.307 Yatim, Piatu dan Yatim Piatu, berupa uang tunai sebesar Rp 600 ribu per orang melalui Bank Mandiri dan BNI," kata dia, disela pendistribusian bantuan.

Usulan daerah, kata Imas, sebenarnya untuk 3.500 lebih anak yatim, namun hanya sebagian yang terakomodir. Mudah mudahan kedepan bisa terealisasi seluruhnya. 

Menurutnya, yang dapat bantuan sekarang, mereka (anak yatim) yang belum menerima bantuan di program serupa pada tahun 2021 dan 2019.

"Semoga dikucurkan lagi bantuan semacam ini untuk meringankan beban biaya sekolah anak yatim," tuturnya.

Officer Mandiri Area Tasikmalaya Fitra Ahmad menuturkan, untuk mempercepat proses pencairan bantuan, pihaknya mendatangkan langsung ATM mobile di area parkir Dinsos. 

"Jadi penerima bantuan bisa langsung menggesek di ATM selepas kartu dan tabungan diserahkan pihak dinas. Kami juga tidak mewajibkan penerima hadir langsung, karena ada penerima yang mungkin sedang sekolah, mondok pesantren dan bahkan dibawah umur," jelasnya. 

Baca juga: Percepatan Penurunan Stunting, Dinsos PPKB P3A Kab. Tasikmalaya Gelar Loka Karya