Situ Wangi Kawali Ciamis Siap Dipercantik Pemprov Jabar

Situ Wangi Kawali Ciamis Siap Dipercantik Pemprov Jabar

CIAMIS, INILAHTASIK.COM | Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat mencanangkan penataan obyek wisata Situ Wangi Ciamis di Desa Winduraja, Kecamatan Kawali di tahun 2021. Anggaran yang digelontorkan mencapai Rp 15 miliar.

Pencanangan program revitalisasi itu bersamaan dengan peringatan Hari Air Se-Dunia ke-29 di Provinsi Jabar yang jatuh pada Senin 22 Maret 2021 lalu.

Petugas PSDA Situ Wangi, Iyus Yusman menuturkan, Rencana penataan ini berlangung selama 7 bulan, penataan yang dilakukan di Situ Wangi Ciamis itu terutama di bagian sempadan danau. Penataan juga bertujuan untuk menjadikan Situ Wangi menjadi wisata yang menarik di wilayah Priangan Timur.

Luas area Situ Wangi mencapai 5 hektare. Di sempadan danau itu nantinya dibangun gazebo, akses jalan, menara selfie, taman, area parkir, gapura, amfiteater anjungan, dan sarana lainnya. 

"Ini untuk obyek wisata, prinsipnya ditata ini juga sebagai salah satu untuk melestarikan lingkungan. Karena dengan lingkungan bersih tertata rapih masyarakat akan berpikir lagi untuk membuang sampah sembarangan. Menikmati kondisi wisata berbasis air yang bersih, semoga masyarakat tidak buang sampah ke danau," ucap Iyus.

Obyek Wisata Situ Wangi Ciamis di tahun 2022 akan menjadi sebuah destinasi multifungsi. Mulai dari ketersediaan dan kebutuhan air baku, rekreasi, wisata legenda, hingga olahraga. Situ Wangi biasa digunakan atlet dayung atau kayak untuk berlatih bahkan dipakai event lomba.

Baca juga: Cerita Mistis Dibalik Indahnya Situ Wangi Kawali Ciamis